Tarif Internet turun 40% mulai Juni 2008

Kalangan penyelenggara jasa Internet (PJI) akan menurunkan tarif ritel akses Internet sebesar 20%-40% mulai Juni seiring dengan turunnya biaya sewa jaringan.Tarif sewa jaringan telekomunikasi turun berdasarkan Keputusan Dirjen Postel No.115/2008 tentang Persetujuan Terhadap Dokumen Jenis Layanan Sewa Jaringan, Besaran Tarif Sewa Jaringan, Kapasitas Tersedia Sewa Layanan Jaringan, Kualitas Layanan Sewa Jaringan, dan Prosedur Layanan Sewa Jaringan. read  more …

Mudahan2an per Juni 2008 mendatang Tarif Internet di Indonesia bisa turun, baik yang menggunakan Koneksi : Dial-up , XDSL, Nirkabel, Kabel, Dedicated dll yang penting bisa muraaah meriaaah😀

Tapi bicara soal turunnya tarif internet pada bulan juni mendatang ada yang merasa seneng ada juga yang sedih😀 “seneng” karena biaya akses internet jd lebih murah, saya sendiri termasuk “yang bersedih”😀 karena sampai skg ini jaringan telepon di komplek perumahan saya masih belum ready untuk jaringan TelkomSpeedy.

Alasannya sampai hari ini adalah karena jaringan telepon dirumah saya itu menggunakan kabel “Fiber Optik”. Saat ini Telkom Riau Daratan hanya menyediakan akses TelkomSpeedy-nya untuk jaringan telepon yg mengunakan kabel tembaga (jaringan lama).

Sedangkan untuk jaringan yang berbasis Fiber Optik harus dilakukan penambahan perangkat untuk akses data di slot “DSLAM (DSL-acces module)” yang tersebar di beberapa lokasi.

Namun perangkat tersebut sampai hari ini belum semuanya terpasangan pd tiap2 DSLAM (DSL-acces module) yang ada. Hal ini yang membuat saya sedikit heran dengan Telkom Riau Daratan.

Harusnya mereka memasang perangkat tambahan untuk akses data disemua titik DSLAM (DSL-acces module) yg ada karena permintaan akan akses TelkomSpeedy cukup signifikan di kota Pekanbaru. Tapi pada kenyataannya pihak Telkom Ridar hanya berkutat pada jaringan kabel tembaga saja.

Beberapa waktu yang lalu saya pernah ber-interaktif pada acara Telkom 147 On The Air yg selenggarakan oleh PT.Telkom Riau Daratan bekerjasama dgn Radio Aditya FM Pekanbaru, disini pelanggan Telkom bisa ber-interaktif (menyampaikan unek2) dengan para petinggi2 di Jajaran Manajemen PT.Telkom Riau Daratan.

Sekitar bulan Januari/Februari y.l saya pernah bertanya kpd salah satu petinggi Telkom tentang persoalan yg saya tulis diatas, beliau waktu itu menjawab bgn “untuk jaringan telepon dirumah bapak akan ready > speedy pada bulan Maret/April 2008 mendatang”, namun sampai hari ini saya pun masih selalu cross check di Telkom masih blm bisa dilayani untuk akses Speedy.

Saya mencoba lagi untuk berpartisifasi pada cara Telkom 147 On The Air, untuk menagih janji salah satu petinggi Telkom tsb, namun beliau menjawab lg “untuk jaringan telepon dirumah bapak akan ready > speedy pada bulan Agustus 2008” setelah itu saya langsung berkata dalam hati wah..wah.waaaah… ini piye😀 org petinggi Telkom ternyata ga bisa dipegang omongan/janjinya, cm asbun aja alias asal ngomong doank😀

Pola pembangunan jaringan Speedy oleh Telkom juga saya lihat asal caplok sana-sini, ini terbukti di Pekanbaru saja belum terlayani semua, tiba2 Telkom sudah membangun jaringan Speedy untuk beberapa kabupaten yang katanya punya nilai bisnis/strategis untuk produk speedy.

Alhasil kasusnya sama dengan Pekanbaru jaringan-nya hanya sebagian saja yang dilayani untuk akses speedy. Ini berdasarkan fakta dilapangan yaitu saya mengajukan permohonan pasang baru (PSB) untuk kantor perwakilan di Duri (sebelum kota Dumai) ternyata tidak bisa, alasannya yaa sm yaitu jaringannya Fiber Optik lagi..yaah capee dechh😀

Menurut pendapat saya sebaiknya Telkom fokus dulu ke satu wilayah (skala prioritas). Layani dulu untuk semua pelanggan yang pada satu wilayah. Setelah semuanya mencapai 99%, barulah action untuk perluasan di Kabupaten2, sampai ke Kecamatan2. Tapi ini hanya opini saya saja… para petinggi2 Telkom tentu lebih pinter kajiannya dari pada saya…😀 heuheuhe

Sempet kepikiran mo pake VSAT KU Band produk dari IndosatM2, tp masih mahal bro😀 1 juta lebih heuheuhe… kalo seperti harganya Speedy Unlimited boleh juga dijajal kemampuannya😀

Posted on April 22, 2008, in Infokom, Internet, Telekomunikasi. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. wah indosatm2 saya turun jadi berapa ya?

  2. apa beneran turun? yaa smoga aj!!!😀 smoga juga tarif akses data via jaringan HSDPA juga bisa turun!!!

Tinggalkan Balasan

