Lima Langkah Efektif Menulis Posting

Mengingat Anda tidak selalu punya waktu khusus untuk ngeblog, penerapan langkah-langkah efektif dan efisien saat menulis posting tentu sangat dibutuhkan.

Apalagi jika Anda berencana menulis beberapa posting sekaligus, maka langkah-langkah yang tepat menjadi suatu keharusan.

Ramkarthik menawarkan lima langkah efektif yang diperlukan saat Anda sudah mulai duduk di depan komputer.

  1. Tutup aplikasi lain: Pernah menginstal peranti lunak di PC? Sebagian besar aplikasi tersebut meminta Anda menutup aplikasi lain sebelum menginstalnya. Hal yang sama juga berlaku saat Anda menulis artikel atau posting. Tutup aplikasi –seperti chatting ataupun email– yang akan menganggu konsentrasi Anda.
  2. Lakukan riset: Riset kecil-kecilan akan sangat membantu Anda dalam menyiapkan tulisan yang baik. Dengan riset, Anda tentu bisa menulis lebih dalam dan bernas karena didukung oleh data-data yang relevan.
  3. Siapkan jadwal: Coba alokasikan waktu buat meramu tulisan: berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengolah data, memilih gambar pendukung dan menuliskannya. Dan cobalah berdisiplin dengan jadwal yang sudah Anda tetapkan tersebut.
  4. Baca lagi (proof-reading): Coba baca lagi sekilas apakah struktur tulisan Anda sudah benar; apakah ada kaitan antarparagraf, apakah ejaannya sudah benar. Pastikan juga apakah hasil akhir tulisan tersebut sesuai dengan topik dan sudut pandang yang direncanakan semula.
  5. Sunting: Lakukan penyuntingan, pasang pranala-pranala terkait, pastikan kesesuaian gambar pendukung dan lain sebagainya. Saat menyunting Anda juga bisa memikirkan judul yang tepat untuk artikel tersebut.

Dan artikel pun siap diposting di blog Anda.

****thegadgetnet.com 

Posted on April 28, 2008, in Tips & Trick. Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Informasi yang sangat menarik dan bermanfaat …

  2. wah mantap.. tips yang baik..

  3. Jangan lupa, pilih judul yang aduhai😀

  4. Hmm Nice post….
    boleh di terapkan tuchh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: