Tips: Cari Ide Bikin Posting

Harus diakui, terkadang kita kehilangan ide saat berencana menulis posting baru. Padahal sebenarnya waktu dan energi kita sedang bagus-bagusnya untuk ngeblog, tetapi yang namanya ide malah menghilang entah ke mana…

Jangan khawatir. Pat B. Doyle menawarkan beberapa resep bagus buat menggali inspirasi mengisi blog, antara lain:

  1. Tulis resensi buku: Cari dan baca buku yang berkaitan dengan topik yang sering Anda tulis di blog. Bikin resensinya.
  2. Tinjauan produk: Tulis tinjauan tentang produk dalam niche topik blog Anda. Usahakan menulis produk yang sudah pernah Anda gunakan atau manfaatkan, sehingga review-nya bisa lebih personal.
  3. Kupas blog-blog yang populer: Tentu ada sejumlah blog yang populer yang sesuai dengan niche Anda. Ini adalah bacaan yang bagus bagi komunitas pembaca blog Anda.
  4. Daftar sumber-sumber yang berharga: Anda bisa bikin daftar blog, produk, dan lain sebagainya yang menarik yang didukung dengan deskripsi.
  5. Tulis sesuatu yang masih asing: Anda bisa menulis suatu topik atau konsep yang mungkin masih asing bagi pembaca blog Anda, tetapi relevan dengan topik-topik yang biasa Anda tulis. Ini akan menjadi pengetahuan berharga bagi komunitas pembaca.
  6. Tulis mengapa Anda menekuni topik ini: Tentu ada alasan mengapa Anda memilih untuk fokus terhadap suatu topik besar di blog Anda. Pembaca tentu ingin tahu dan mereka tentu dengan senang hati akan membacanya.
  7. Garap sebuah studi kasus: Mungkin Anda bisa melakukan sedikit riset mengenai sebuah studi kasus yang relevan dengan topik blog Anda. Sesekali menulis posting yang agak “dalam” tentu akan menjadi variasi yang bagus.
  8. Bikin jajak pendapat: Ada banyak layanan jajak pendapat online yang bisa dimanfaatkan. Nanti tulis hasilnya di blog dan sertakan hasil analisis Anda.
  9. Lakukan wawancara: Wawancarailah orang atau tokoh yang terkait dengan topik Anda. Sebuah posting yang tentu berharga untuk dibaca.

Gimana, sekarang sudah ada ide lagi buat posting? Ayo, ngeblog lagi😀

***thegadgetnet.com 

Posted on April 28, 2008, in Tips & Trick. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: