Tips Menyulap Ide Jadi Posting

Ada beberapa langkah yang universal, yang mungkin bisa membantu seseorang dalam menulis artikel — umpamanya dalam menyiapkan sebuah posting untuk blog. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu:Temukan dulu idenya

Sebetulnya tidak sulit untuk menemukan ide tulisan. Yang penting, Anda harus punya satu topik khusus (niche) yang selalu Anda amati dan tongkrongi. Jadi jika blog Anda menangani sebuah topik spesifik (misalnya soal film atau musik saja, otomotif, bisnis, sains, dan lain sebagainya), hal itu akan lebih mempermudah Anda untuk mencari ide tulisan. Ya, Anda hanya perlu menongkrongi seputar topik itu saja, sehingga lebih fokus.

Salah satu cara yang gampang untuk menggali ide adalah: carilah isu-isu yang sedang aktual dan kaitkan dengan topik spesifik blog Anda.

Contoh: saat ini sedang ramai diomongkan soal hacker, bukan?. Nah, sementara blog Anda lebih banyak bicara soal film, dan bukan soal teknologi komputer. Lalu bagaimana mencari titik-temunya?

Mulai riset

Titik-temunya gampang sekali. Anda tinggal riset bahan-bahan tentang film-film yang bertema hacker. Saya kira cukup banyak film tentang dunia peretas ini. Jika bahan-bahannya terkumpul, berarti Anda sudah tinggal selangkah lagi dalam menyelesaikan sebuah posting menarik.

Mengolah hasil riset

Silahkan olah bahan-bahan tersebut (bagus sekali jika banyak film terkait yang berhasil Anda dapatkan data-datanya) dalam format yang informatif sebagai berikut:

Judul Film:
Para Pemain:
Sutradara:
Sinopsis:

Mulai menulis

Langkah berikutnya? Anda sudah memasuki tahap yang paling gampang. Anda hanya perlu memberikan kata pengantar dalam artikel tersebut. Di sini Anda perlu mencantelkan ide tulisan dengan isu yang ada.

Artikel Anda bisa dibuka dengan:

Istilah hacker atau peretas tiba-tiba kembali hangat dalam dunia blogosfer dan media di Indonesia saat ini.

Saya tidak akan membicarakan hacker terkait dengan isu pembobolan salah satu situs instansi pemerintah, tetapi saya ingin mengajak Anda lebih mendalami makhluk bernama hacker ini lewat film.

Ternyata banyak sekali film yang bercerita tentang dunia hacker ini.…”

Kemudian Anda bisa menampilkan daftar film-film mengenai hacker ini.

Sertakan foto atau gambar pendukung

Tentu akan lebih ciamik kalau tulisan Anda juga disertakan dengan foto-foto poster film tersebut. Atau paling tidak, foto-foto para pemainnya.

Silahkan diposting

Nah, sekarang sebuah artikel tentang daftar film mengenai hacker siap diposting. Anda bisa kasih judul seperti “10 Film Top tentang Hacker

Nah, menarik kan? Walaupun niche blog Anda tentang film misalnya, tetapi Anda tetap bisa menyajikan sesuatu yang terkait dengan isu aktual yang ada.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. ***thegadgetnet.com

Posted on April 28, 2008, in Tips & Trick. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: