Awas..! Virus Komputer Makin Canggih

Akhir-akhir ini virus komputer makin memusingkan para pemakai komputer. Sebab selain virus itu dapat dengan cepat menyebar kemana-mana, juga dampak yang ditimbulkan lebih parah dan sulit dideteksi.

Terkait hal itu Badan Pengolahan Data elektronika (BPDE) Riau menggelar workshop Pengembangan Teknologi Informasi se-Provinsi Riau 2008, dimana salah satu topiknya adalah Virus Komputer dan Pengamanannya” yang digelar Selasa (29/4) di Hotel Pangeran Pekanbaru.

Dalam kesempatan ini, Anton R Pardede yang selama ini dikenal sebagai Kepala Riset virus komputer dan Pimpinan Redaksi PC Media menerangkan panjang lebar tentang apa itu virus dan gejala-gejala komputer yang diserang virus.

Dia menyebutkan ada beberapa gejala-gejala sebuah PC Komputer telah diserang virus, diantaranya muncul file asing, sistemnya terasa lambat, ada data atau sistem hilang, matinya PC secara total, dan tagihan internet melonjak.

Dia menyebutkan selama ini virus-virus yang menyerang komputer telah sering menimbulkan kekacauan. Misalnya di sebuah rumah sakit di Jakarta pernah jadi amburadul, sebuah harian nasional tidak terbit selama satu hari, dan instansi pemerintah kehilangan arsip-arsip pentingnya.

Makanya, menurut Anton lagi, virus merupakan masalah yang sangat penting ditangani saat ini. Beberapa pakar komputer telah menyediakan program-program anti virus, namun virus terkadang lebih dahulu melangkah dan lebih maju.

Dia mencontohkannya, virus Brontok yang sering menyebar melalui email attachment bisa mengapdate dirinya sendiri. “Makanya kita harus lebih berhati-hati dalam menghadapi virus ini, jangan sampai membuat kekacauan terhadap komputer kita,” jelasnya lagi.

Umumnya Pembuat Virus Berasal dari Mahasiswa

Virus umumnya dibuat oleh orang-orang iseng untuk tujuan iseng pula, namun siapa sangka dampaknya sangat besar bagi masyarakat banyak. Karena itu kini virus komputer selalu mendapatkan perhatian serius di kalangan pengguna komputer.

Anton R Pardede mengatakan, untuk di Indonesia umumnya virus dibuat oleh mahasiswa-mahasiswa yang ahli di bidang komputer. Mereka membuatnya hanya untuk sekedar iseng-iseng saja dan jarang sekali punya tujuan bisnis dan sebagainya.

“Iya, kadang saat mahasiswa-mahasiswa itu sedang frustasi karena nilai ujiannya rendah atau diputusin pacar, mereka melampiaskannya dengan mengutak-atik komputer dan kemudian tercipta sebuah virus,” ungkap Anto R Padede lagi.

Mereka tidak menyadari dampak dari penyebaran virus itu sangat besar, karena bisa menghancurkan data-data penting. “Namun kita sudah tersedia banyak program antivirus. Misalnya PC Media setiap minggu mengapdate program antivirusnya,” jelasnya.

Memang diakuinya, tidak seluruh program anti virus bisa melawan virus-virus yang bertebaran dimana-mana. “Namun anti virus yang dikeluarkan PC Media tergolong lebih ampuh bahkan lebih unggul dibandingkan yang dikeluarkan di luar negeri,” tambahnya sambil berpromosi. **RiauInfo

Posted on April 29, 2008, in Infokom, Internet, Software. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: