Mengukur Throughput TelkomSpeedy Up to 1 Mbps

Bertepatan dengan 100 tahun hari kebangkitan nasional kemarin, pada tanggal 20 Mei 2008 TelkomSpeedy menaikkan speed akses internetnya menjadi 1 mbps. Banyak yang seneng duunk ?? Pastinya begitu… siapa yang gak mau akses internet kenceng dengan harga yang relatif terjangkau?

Telkom mengklaim bahwa setelah speed dinaikkan jadi 1 mbps ini, keluhan pelanggan akan menurun. Apa iya ? Lantas apa bener speednya 1 mbps ? berikut ini hasil testing yang saya lakukan mengenai upgrade kecepatan speedy menjadi 1 mbps tsb.

Saya melakukan testing Throughput TelkomSpeedy melalui backbone untuk Regional Sumatera, tepatnya di Batam (https://divre1btm.telkomspeedy.com/bandwidthmeter/meter.php), Bandwidth yang dapat hanya : 661.9kbps kecepatan download yang didapat sekitar 82.74 KB/detik. Padahal lokasi line Speedy saya berada di Pekanbaru Centrum.

 

Testing Throughput TelkomSpeedy juga saya lakukan melalui http://www.speedtest.net/ namun hasilnya juga kurang memuaskan. Speedy, Speed That You Can Trust ?😀

Catatan :
Akses 1024/128 kbps adalah speed yang di jaminkan Telkom dari Modem hanya sampai di BRAS. Dengan adanya peningkatan kecepatan dari modem sampai BRAS otomatis membutuhkan jaringan fisik yang lebih reliable, jika tidak efeknya koneksi akan menjadi putus-putus antara modem dengan DSLAM, artinya Internet juga akan sering putus-putus.

Selain itu juga berpengaruh pada modulasi yang digunakan oleh modem tidak tepat, solusinya dengan mengubah modulasi modem ke ADSL-g.dmt😀

Apabila daerah anda sudah tercover akses speedy 1 mps, tetapi di status modem masih menunjukkan 384/64 kbps harap bersabar, karena masih bertahap dan tunning DSLAM port masih menggunakan cara manual, artinya proses ini membutuhkan waktu😀 sabarrr broooo😀

Posted on Mei 29, 2008, in Infokom, Internet, Pekanbaru City, Telekomunikasi. Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Sayang saya gak pake speedy…😦

  2. Yang bener om ga pake speedy, lah ini saya detect om pake speedy😀

    >> 206.subnet125-163-120.speedy.telkom.net.id😀

  3. speedy memang menang di iklan aja😀

  4. oia…hub bandwidth dgn throughput apa ya?

    trus latency n round trip time itu apa??

    tlg jwb ya,,,saya blom tau nih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: