Tips & Tricks Untuk Pengguna TelkomSpeedy

Berikut beberapa Tips & Tricks TelkomSpeedy yang sudah saya lakukan :

  • Pastikan kabel telpon yang digunakan tidak terlalu banyak sambungan, karena berpengaruh terhadap kualitas jaringan.
  • Pilih modem ADSL yang direkomendasikan oleh Telkom. Dan juga perhatikan kebutuhan, ada modem yang terdiri dari 4 port Ethernet. Tapi kalau hanya digunakan untuk 1 buah komputer, lebih baik gunakan yang 1 port Ethernet dan 1 port USB. Harganya lebih murah.
  • Kalau bisa, sebaiknya gunakan Ethernet, karena USB kadang-kadang bermasalah (biasanya kalau menggunakan USB sering bermasalah).
  • Jika anda menggunakan Windows, matikan services Automatic Updates agar tidak menghabiskan ‘jatah’ quota.
  • Atur update antivirus anda menjadi 1 minggu sekali. Beberapa antivirus yang agak paranoid seperti Kaspersky defaultnya tiap 3 hari sekali mengupdate database antivirus.
  • Apabila anda hanya ingin membaca artikel atau berita, sebaiknya atur setting browser anda (Firefox atau Opera) untuk tidak menampilkan gambar (images).
  • Apabila anda menggunakan browser Firefox dan tidak ingin diganggu oleh iklan2 (images/flash), gunakan Add-ons Adblock atau Adblock Plus. Add-ons ini fungsinya untuk memblok iklan2 (images/flash) yang terkadang sangat menggangu kita saat browsing.
  • Untuk melihat kecepatan bandwidth yang diperoleh anda dapat mencoba beberapa bandwidth meter yang terdapat diinternet. Untuk test lokal anda dapat menggunakan layanan dari TelkomSpeedy. Sedangkan untuk mengukur bandwidth anda dari luar negeri anda dapat mencobanya disini.
  • Instal aplikasi yang dapat menghitung statistik akses total download/upload yang sudah kita pergunakan. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Net Traffic Meter. Selain menghebat ‘jatah’ karena tidak perlu login ke TelkomSpeedy dulu, aplikasi ini juga dapat memberikan Alert sesuai yang kita setting. Misalnya apabila sudah mencapai 100MB, maka akan muncul pop-up dan suara yang dapat kita atur sendiri.
  • Agar mendownload bisa lebih cepat dan dapat di-resume apabila gagal ditengah jalan atau komputer tiba2 mati, install download manager seperti flashget , IDM atau DAP.
  • Gunakan Google Web Accelerator. Katanya sih bisa mempercepat waktu loading situs. Kalau mau tahu lebih jauh silahkan baca disini. Tapi tools ini tidak dapat menjamin bahwa akses internet akan menjadi cepet, banyak faktor lain yang mempengaruhi kecepatan akses.

Apabila ingin mengetahui lebih lanjut mengenai ADSL dan Speedy, anda dapat membaca buku yang dibuat oleh Onno W. Purbo yang berjudul Pegangan Pengguna ADSL dan Speedy.

Semoga Tips & Tricks ini bermanfaat😀

Dikutip (editing) dari : Blog Chaidir

Posted on Mei 29, 2008, in Infokom, Internet, Telekomunikasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: