Tarif Sewa Bandwidth Internasional Turun?

arif sewa bandwidth internasional dikabarkan telah turun hingga USD500/Mbps. Penurunan ini diprediksi akan membuat tarif retail internet semakin murah.

“Sewaktu di ICT Expo Kemayoran kemarin, saya sempat melihat ada stan yang menawarkan sewa bandwidth internasional sebesar USD500/Mbps. Sayangnya saya lupa mencatat nama stand-nya tapi saya yakin sekali mereka menawarkan sebesar itu,” ujar pengamat IT Onno W Purbo usai peluncuran Program Indosat Cinta Indonesia di Gedung Indosat, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (29/5/2008).

Menurut Onno tarif sewa bandwidth tersebut dapat diartikan penurunan hingga 75 persen. Pasalnya tarif sewa bandwidth internasional sebelumnya dibanderol hingga USD2.000/ Mbps. Langkah penurunan ini bisa jadi akan mengakibatkan turunnya tarif sewa retail hingga 25 persen karena koneksi internasional memiliki kontribusi ke biaya produksi sebesar 40 persen.

Sayangnya, lanjut Onno, pihak penyelenggara internet (ISP) akan membuat kondisi ini menjadi terbalik. Pihak ISP diyakini Onno akan mempertahankan tarif yang berlaku saat ini dengan konsekuensi peningkatan performa internet milik mereka.

“Misalnya salah satu ISP yang memberlakukan tarif Rp750.000 untuk 384 kbps. Mereka mungkin tidak akan menurunkan tarifnya, namun dengan tarif yang sama, sebesar Rp750.000, mereka menawarkan layanan hingga 1 Mbps. Tarifnya tidak berubah tapi kualitasnya dinaikkan,” ujar Onno.

Saat dikonfirmasi melalui telepon, Ketua Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Silvia Sumarlin, membantah telah terjadi penurunan tarif sewa bandwidth internasional. Menurut Silvia penurunan tarif memang sangat mungkin tapi tidak akan mencapai sebesar itu.

“Dari tahun ke tahun pun terus turun. Tahun ini saja turun menjadi USD1.800 untuk bandwidth internasional dengan jalur fiber optik, sedangkan untuk satelit mencapai USD1.500. Kalau turun sampai USD500 sepertinya tidak mungkin. Kalau memang benar, saya malah ingin sewa banyak,” ujar Silvia seraya tertawa seolah tidak percaya. **okezone

Posted on Mei 30, 2008, in Internet, Kutipan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: