Pengguna CDMA Indonesia Terbesar di Asia Pacific

Pelanggan CDMA2000 secara global saat ini telah menyentuh 451 juta subscriber. Menurut data CDG, jumlah tersebut tersebar di bawah 286 operator di 109 negara dunia. Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan pelanggan 3G CDMA terbesar di Asia Pasifik.

Hal tersebut dinyatakan chief operating officer CDMA Development Group (CDG) James Person di sela-sela media briefing CDG Pan-Asia Roadshow di Hotel Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Selasa (24/6/2008).

Indonesia sendiri memiliki lebih dari 16,3 juta pelanggan CDMA2000. Peningkatan pertumbuhan ini, menurut James, adalah karena tersedianya ultra low cost handset dan tarif terjangkau. “Indonesia adalah negara dengan pertumbuhan pelanggan terbesar di Asia Tenggara,” kata James.

Operator CDMA2000 di Indonesia adalah Esia (Bakrie Telecom), Telkom Flexi, Star One (Indosat), Smart Telecom, Fren (Mobile-8), dan Ceria (Sampoerna Telekomunikasi Indonesia). Hingga Maret 2008, jumlah total pelanggan CDMA2000 dari enam operator telah melampaui 16,3 juta, meningkat 14,4 juta pada akhir 2007 dan 7,8 juta pada akhir 2006

Demikian dikutip dari Okezone.

Komentar saya :

Jumlah Pelanggan CDMA Indonesia mungkin bener Terbesar di Asia Pacific, namun yang sangat menyedihkan adalah harga handset untuk CDMA ini jauh lebih mahal ketimbang handset GSM.

Bayangkan handset GSM yg sudah 3G saja harganya hampir sama dengan CDMA yang tidak sebegitu canggih fiturnya dibanding handset GSM.

Kapan yaah harga handset dari CDMA bisa murah meriah (bukan merk lokal lho) seperti layaknya tarif CDMA yang konon murah meriah itu😀

Posted on Juni 25, 2008, in Telekomunikasi. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Satu-satunya layanan CDMA yg pernah aku pakai cuma Fren. Pertimbangannya, karena coverage-nya nasional dan promonya waktu itu menarik, hehehe… K

    alau yang lainnya belum pernah coba, dan sampai sekarang belum tertarik mencoba. Kayaknya GSM (mentari) saja sudah cukup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: