Awas Jebakan TelkomselFlash !

Teman saya mengalami hal yang sama dengan tulisan yang di publikasikan oleh Tabloid Sinyal dibawah ini.Teliti dulu sebelum menggunakan TelkomselFlash agar anda tidak terjebak dengan tagihan yang membuat kantong anda sobek😀

Telkomsel menyuguhkan paket akses Internet unlimited dengan koneksi 3G dengan tawaran harga paket yang sangat menggiurkan. Untuk paket tanpa modem dengan tanpa batasan waktu dalam kecepatan 256kbps, kita bisa hanya membayar Rp 125 ribu per bulan.

Enaknya paket ini adalah tawaran akses yang tidak dibatasi waktu maupun kapasitas. Paling-paling jika download kita kencang sekali sehingga mencapai 3GB sebulan, maka kecepatan diturunkan menjadi 64kbps (untuk pelanggan paket Basic dan Advance) atau menjadi 128kbps (untuk paket Pro).

Namun di balik tawaran menggiurkan itu terdapat potensi jebakan yang akan mencekik pelanggan jika tidak hati-hati. Sumbernya adalah product knowledge para CS-nya yang masih kurang memadai. Maklum sih, barang baru. Tulisan ini adalah pengalaman nyata Sinyal (dan setelah seraching di Internet, juga dialami oleh banyak pelanggan lainnya) dan dimaksudkan agar pelanggan berhati-hati.

Jadi begini kronologisnya. Setelah menerima kartu HALO (untuk pemasangan baru alias PSB) Anda akan diminta menunggu sehari untuk aktivasi kartu HALO-nya. Setelah HALO aktif, baru kemudian menyusul ada SMS pemberitahuan bahwa paket Flash Unlimited sudah aktif. Di sinilah terletak jebakannya.

Pengalaman Sinyal, pada waktu serah terima kartu, Customer Service-nya tidak menjelaskan bahwa ada tahap pemberitahuan aktivasi Flash-nya. Yang diulang-ulang hanya aktivasi kartu HALO-nya yang butuh waktu sehari. Tidak ada kontrak atau penjelasan tertulis untuk itu.

Dan ternyata, risiko jika tidak tahu masa aktif Flash ini sangat besar. Ini adalah pengalaman nyata Sinyal. Merasa kartunya sudah bisa digunakan untuk akses Internet, Sinyal langsung menguji koneksinya, segera setelahHALO berfungsi. Tak berapa lama barulah SMS pemberitahuan Flash datang. Dan ternyata oh ternyata, periode antara aktif kartu dengan aktif Flash ini adalah periode krusial karena di-charge dengan tarif GPRS normal yang Rp 12/kb.

Sinyal baru mengetahui ini ketika mendapat SMS dari 3445 yang memberi tahu besar tagihan yang sudah mencapai Rp 500 ribu lebih. Dengan tagihan sebesar itu, pelanggan diberi 3 opsi, yaitu untuk membayar setengah terlebih dahulu, meminta kiriman tagihan, atau menunggu sepulang dari luar negeri.

Ketika Sinyal komplain ke CS, mereka hanya memberi jawaban kemungkinan penggunaan APN (Access Point Number). Padahal APN sudah Sinyal sesuaikan dengan setting di situs Telkomsel yang memang sudah muncul ketika kartu aktif (internet atau telkomsel). Menggunakan APN lain (yaitu flash) juga tidak dimungkinkan karena akan masuk ke portal Flash yang mengharuskan memasukkan pilihan paket non-unlimited.

Barulah ketika Sinyal menghubungi orang dalam Telkomsel (dalam hal ini diwakili oleh Pak Arif, Manajer Telkomsel Flash) diperoleh penjelasan bahwa tagihan bengkak itu mungkin diakibatkan oleh penggunaan antara kartu aktif dan Flash aktif, seperti disebutkan di atas. Dan sekali lagi, tidak ada penjelasan apapun dari CS soal ini, jadi kesalahan bukan terletak di pelanggan. Hanya saja, jika Pembaca berniat melanggan layanan ini, berhati-hatilah.

Sistem billing Telkomsel Flash ini memang masih agak kacau. Jika memeriksa tagihan dengan mengetikkan *888# , pelanggan pasti akan terkejut karena tagihannya jutaan rupiah. Namun yang ini bukanlah tagihan sebenarnya karena konon bisa diabaikan. Tagihan yang sebenarnya nanti ada di akhir bulan atau bisa dilihat dengan memeriksa ke *999#. Tagihan di *999# inilah yang akan sama dengan tagihan akhir bulan nanti.

Sumber : Tabloid Sinyal/Kompas

Posted on Agustus 29, 2008, in Internet. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Telokom we komit to u, maksudnya komat kamit kalie yeee
    wah ini harus menjadi perhatian kita semua ya pak ?
    harusnya perusahaan besar mati2an menjaga kualitas dan pelayanan btul ga ?

  2. Gw pelanggan Flash sudah lama. Dan banyak pengalaman buruk.
    Sebelum ada paket unlimited, gw langganan paket 1,2GB. Baru 2 minggu udah diblokir katanya pemakaian sudah melewati batas, harus bayar dulu 900rb. Gile bener. Setelah ke ghrapari ternyata kesalahan pada telkomsel krn perhitungan mereka menggunakan tarif gprs, bari akhir periode di adjust. Tapi masalahe gw mesti bayar dulu baru di aktifin. dan sisa saldo akan jadi deposit utk pembayaran bulan depannya. Aneh, emange prabayar.

    Tidak itu saja, bulan berikutnya tagihan meledak 1,6jt. udah komplain tapi tetep aja katanya emang segitu bilingnya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: