Akses Internet: Pilih Volume Base atau Time Base ?

Saya ingin berlangganan Internet nirkabel pita lebar, manakah yang lebih baik, langganan time base atau volume base?

Mungkin pertanyaan diatas sering ditanyakan oleh pengguna internet di tanah air, berikut penjelasan singkatnya.

Saat ini layanan Internet pita lebar sudah beragam, dari yang berbasis kabel, seperti Telkom Speedy dan berbagai operator lain, sampai via seluler, seperti layanan Internet 3G dan 3,5G dari operator seluler.

Para operator tersebut biasanya mendasarkan layanannya pada time base, artinya dengan batasan waktu, dan volume base, berdasarkan kuota volume.

Nah, soal mana yang lebih baik, tergantung kebutuhan Anda. Bila Anda gemar berselancar, menerima dan berkirim e-mail, serta chatting saja, langganan volume base bisa jadi pilihan. Chatting, misalnya, tak menyedot kuota sehingga Anda bisa melakukannya berjam-jam tanpa perlu kehilangan banyak kuota.

Sedangkan apabila Anda memakai Internet untuk men-download atau mengunduh, misalnya mengunduh klip video dari YouTube atau musik MP3 dari berbagai situs, layanan volume base akan sangat boros.

Untuk kegiatan semacam itu, sebaiknya Anda memilih time base. Seberapa pun besarnya data yang Anda kirim dan Anda terima, kuota waktu yang akan menjadi penentu.

Di samping kedua model langganan tersebut, sebetulnya ada pula dua model lain: unlimited alias tak terbatas dan kombinasi kuota dengan unlimited.

Langganan unlimited itu tak berbatas waktu maupun volume. Namun, kuncinya adalah soal kecepatan akses.

Sekarang harga model berlangganan semacam ini sudah semakin terjangkau, mulai dari Rp 100 ribuan per bulan dengan kecepatan 256 kilobit per detik (kbps) sampai yang berjuta-juta rupiah dengan kecepatan megabit per detik.

Sedangkan model kombinasi, pelanggan akan mendapat layanan dengan kecepatan tertentu ditambah batasan kuota. Bila kuota terlewati, pelanggan masih bisa mengakses Internet. Namun, kecepatan koneksi akan berkurang.

Semoga membantu.

Sumber :Suplemen Koran Tempo 

Posted on Oktober 7, 2008, in Internet, Kutipan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: