Mandriva 2009 telah Rilis

Tepat setengah tahun setelah lahirnya Mandriva 2008.1 Spring, hari ini Mandriva Linux 2009.0 resmi diluncurkan. Menurut berita rilis dari penerbitnya, Mandriva Linux 2009 secara teknis membawa banyak perbaikan dan peningkatan dibandingkan versi 2008 sebelumnya.

Perubahan terpenting adalah peningkatan kecepatan proses boot, dukungan lebih baik terhadap NetBooks serta mengganti bootsplash dengan Splashy untuk penampilan grafis saat booting.

Driver ath5k menggantikan madwifi guna mendukung kartu WLAN yang pada umumnya menggunakan Atheros. Driver baru ini disebutkan memiliki kelebihan yaitu sepenuhnya menggunakan kode pemrograman HAL yang berlisensi bebas, sementara madwifi masih merupakan program proprietari. Driver baru lainnya adalah atl1e yang dibutuhkan untuk kebanyakan tipe Netbooks seperti Asus-Eee.

Kecuali itu Mandriva juga mengintegrasikan driver untuk sis-imedia yang diperlukan untuk dua jenis chipset grafis asal SiS. Dukungan Mandriva Linux 2009 untuk chipset grafis G41 keluaran Intel tidak dilupakan, dan memperbaiki driver untuk ATI dan Nvidia agar ia mampu mendukung chipset generasi terkini.

Theme ‘Ia Ora’ yang merupakan tampilan khas Mandriva, kini diterapkan untuk KDE 4. Versi Kernel yang dikemas adalah 2.6.27, dan Firefox 2 diganti dengan Firefox 3. DrakX juga ditingkatkan dengan penambahan beberapa fungsi baru.

Sofware utama yang diperbaharui termasuk X.org 7.3, KDE 4.1.2 dan 3.5.10, GNOME 2.24, OpenOffice.org 3.0, PulseAudio dan banyak lainnya.

Dikutip dari : GL

Posted on Oktober 18, 2008, in Umum. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: